Mengatasi AAPT: error: resource android:color/ - Solved

Mengatasi AAPT: error: resource android:color/ - Solved problem

Hey my man... kamu lagi ngalamin problem mengenai hal ini ?? jika iya selamat kita seperjuangan,, wkwkwk...
dan tentunya hal ini atau eror ini bukan tanpa sebab, sebelumnya kita menggunakan nya fine fine aja sih, tapi pada saat utak utik pada dependencies maka ini lah yang saya temukan, bagaimana menyelesaikan kasus ini ?? mari kita simak cerita perjuangan merebut kembali dan memerdekan proses build android dibawah ini.
membuat aplikasi android registrasi - create android regist form app
Dan sebelum melangkah lebih jauh lagi kita ada beberapa referensi mengenai android yang bisa kamu simak dan download source code gratis yess.. list referensi artikel :
Template android include source code siap pakai β†’
Membuat aplikasi regristasi simple β†’
Bonus promo : pembuatan aplikasi android murah β†’
Membuat aplikasi regristasi simple β†’

alright.. my man saat nya kita kembali berpacu dalam melody.... mirip acara jadul ye.. πŸ˜†. sedikit cerita nih.. sebelumnya kita lagi develope android apk informasi kan ya.. lalu kemudian kita desain dan buat flow nya untuk apk informasi , nah kemudian nih kita lakukan insert deh berbagai modules pada gradle.build file. tanpa kita sadar merubah codding nya sampai ke enakan jadi lupa run dan build ke emulator, awal muasalnya sih aman aja dong,, open berbagai fragment dan activity nya juga uda pada jalan , dan ketika kita run setelah oprek koding mengoding, dan kita pun terkejut... bentar pasang emoji dulu biar menghayati.. 😲😲.
kita kita build dan run ke emulator nyatanya.. tidak jalan dan serta dilengkapi dengan eror berikut ini AAPT: error: resource android:color/sebut saja salah satu color ini kita namai bunga. dan kita mulai ngambek dong,, bayangin gan boss.. ngoding uda capek capek lama lama eh erorrr tuh,,, sabar berdoa pada tuhan YME mohon diberi petunjuk... dan setelah kita ingak ingak kemungkinan ada dependencies yang kita ubah tadi menyebabkan hal ini.
Studi kasus : setelah melakukan upgrade dan update versi dari api 'com.google.android.material:material:1.1.0-alpha06' ke api 'com.google.android.material:material:1.5.0-alpha03'
nah tau kan ya.. saat kita melakukan update dan upgrade terkadang ada beberapa modules dan fitur yang tidak support dengan versi terbaru, oleh karena itu untuk kasus ini ya, kasus yang kita sebutin diatas ini, cara solved nya cukup mudah kok... jadi gak perlu spaneng emosi deh kalian yess.. 😘
Langkah awal adalah kita musti masuk ke build.gradle nah setelah itu kita juga menaikan semua compile dan target sdk version nya, compileSdkVersion naikan menjadi 31 , targetSdkVersion juga set menjadi 31 , lalu terakhir minSdkVersion naikan jadi 21 .
dan selesai sudah , saat nya kita simpan dan coba jalankan ke emulator kamu, maka niscaya kamu bercahaya... dan setelah run terus sukses open di emulator -> cie cie... senyum sendiri nih.. gara gara solved eror nya ya 🀣🀣.
Nah itulah caranya untuk permasalahan Mengatasi AAPT: error: resource android:color/ - Solved .
Dan tapi kemudian bagaimana jika project saya tetep gak bisa jalan nih ngab ???? wadohhh.... ini sangat menyeramkan dan menakutkan 😱😱😱. iya nih ngab uda nyoba cara diatas tapi gak sukses hiks hikss 😭😭. Jangan kawatir my man,, iklaskan dan relakan kepergian project serta kodingan mu πŸ˜‚πŸ€£ , anjay... kerja lama suruh iklasin doang, apa gak ada jalan lain kah ngab ??? tenang mas brooo mbak sis... masih ada solusi kok untuk melalui rintangan ini.. jelas tragedi ini akan menjadi pelajaran bagi kita semua.. loh apa hubungan nya ngab.. wkwk... baik lah untuk solusi nya maka kamu downgrade aja deh makai versi lama material nya, caranya masuk ke build.gradle file dan ubah deh dari dependencies dari com.google.android.material:material:1.5.0-alpha03 ganti ke com.google.android.material:material:1.1.0-alpha06, dan sukses sudah.. itu alternatif terbaik ya jika project mu ga bisa run dengan versi terbaru materialnya.
Dan kalau misalnya nih gak ada hubungan nya ama material gimana ngab ?? secara kan uda ikuti dua opsi solusi diatas juga gak bisa fix problem nya, nah untuk itu kamu mesti baca deh petunjuk eror nya itu apa misal nya nih ya resource android:color/colorPrimary -> nah untuk kasus ini kamu bisa cek di resources in res/values/colors.xml -> dan pastiin kode color ada disini misalnya karna colorPrimary ga ada di sini maka tinggal nambahin aja deh koding manual seperti ini : colorname="colorPrimary" -> dan masukin hex code warna misalnya #3F51B5 dan jangan lupa kasih penutup color. nah cek semua eror dan fix kan dengan cara ini yess... Nah sekian deh pembagian untuk masalah ini, jika post artikel konten ini bermanfaat bagikan ya, supaya mereka yang kesulitan dan mengalami eror seperti ini dapat menyelesaikan masalah nya, oke guys...
oh iya jangan lupa nih.. misal butuh mesin kasir ama web app bisa hubungi team kita ya... yuk cek produk kita dibawah ini
Mesin Kasir Web App

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.