Cara melakukan update gatsby cepat dan mudah

Oh ternyata gini biar gak eror untuk melakukan update gatsby js, simple aja caranya cek disini.

Oh ternyata gini biar gak eror untuk melakukan update gatsby js, simple aja caranya cek disini.

Jadi setelah sekian purnama cerita nya nih, saya gak update gatsby site sama sekali, dari versi 3 malahan bos kuh…. sekarang yang ada malah sampai blog artikel ini dimuat per tanggal 21 mei 2023 ini, gatsby menggunakan versi 5.10.0.

Nah kan… awal buka file nya adaptasi lagi nih.. maklum uda lama gak makai dan kerja makai gatsby js, awokwokwok… jadi setengah hilang ingatan gitu sih….

Lanjut deh.. berhubung bos pengen nya update salah satu site yang di bangun dengan gatsby alhasail masuk lagi deh github repo dan clone dulu yes… setelah itu kita jalankan aja deh… dan pas uda utak atik sama nambahin beberapa plugin baru, eh ternyata eh ternyata… gatsby site nya eror… nangis gak tuh… panik gak ?? panik gak ?? ya panik lah masa enggak….

Cek error yang ada dulu kaka…. dan buanyak banget… trus kepikiran deh , untuk melakukan update gatsby sekalian gitu biar makin keren dan beken yess….

Nah kalau mau update via npm kamu tinggal open terminal dan jalanin npm install gatsby@latest ini untuk melakukan update gatsby version kamu menjadi lebih baru, lebih cakep dan lebih keren dong tentunya….

Setelah update versi gatsby , kita jalanin tuh… npm start atau gatsby develop dan yess… sukses semuanya berjalan lancar banget , dan gatsby version menjadi lebih baru juga , wuih.. langsung aja deh kita push dan sukses ke repo, tapi pas di cek di host malah keluar error kaka… beberapa plugin error gitu lah pokoknya , nah gimana tuh cara solved problem ini ?? pertama dan yang pasti ada baik nya kita uji coba dulu di local dengan menjalan kan gatsby build atau npm run build untuk memastikan bahwa kode kita aman aman aja sebelum proses menaikan dan push proses production mode ke server host, dan kalau kita lihat sih rata rata dari plugin nya deh.. jadi semua plugin itu pun butuh update juga. lah masak kita musti jalanin satu per satu npm i atau npm update nya capek bos kuh !!!

Nah untuk itu ada solusinya ini supaya proses update sekali jalan aja, gimana cara nya ?? buka deh file package.json terus kamu cek dulu tuh.. makai gatsby versi berapa, misalnya di kasus saya nih pakai gatsby v.5.10.0 nah supaya cepet kita untuk melakukan update , kamu perlu cek semua deh yang berbau gatsby plugin , terus ubah dari versi lawas ke versi baru atau samain lah sama versi gatsby mu. kalau uda langkah selanjutnya , hapus folder node_modules dan package-lock.json sama hapus juga .cache folder, lalu kita buat installasi baru untuk node so.. jalanin deh npm install , tunggu in bentar sampai proses installasi nya sukses, kamu bisa tinggal buat kopi atau isep rokok lah… setelah sukses saat nya test drive bos kuh.. jalanin deh npm start dan tralala… trilili…. kamu sudah sukses ngejalanin tanpa error atawa konflik lagi gaes…

Step terakhir tes di build di lokal dulu dong, biar kagak malu awokwokwok…. jadi jalanin di local dului npm run build atau gatsby build kalau uda sukses artinya kamu bisa tuh sekarang push ke repo mu.

dan yess… itulah sedikit coretan mengenai gimana cara gampang update gatsby dengan cepat.

Bonus content : All gatsby source code project →

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.