Awan hitam dunia retail indonesia,bagaimana cara nya bangkit dari keterpurukan

Dunia retail berkabung berduka cidera dan terluka parah hingga akan punah...
Apa bener ?? hm... secara tidak langsung beberapa pemain besar banyak yang mengejutkan dengan menutup beberapa gerai nya bahkan ada yang menutup secara resmi alias bangkrut kolaps sehingga mau tidak mau harus menutup usaha yang dirintis dan mempunyai nama branch terpandang selama bertahun tahun.

Apakah Petanda buruk nya kinerja pertumbuhan retil indonesia saat ini, lantas apa fakta penyebab mendung ini ?? ada beberapa faktor yang menjadi kemungkinan dalam awan hitam ini. salah satu nya tentu animo daya beli masyarakat yang memang sangat menurun jauh dibandingkan beberapa tahun sebelumya. belum lagi hadirnya para pesaing pesaing baru baik dunia offline maupun online, dan berubah nya polah belanja via online shop ecommerce menjadi salah satu dari beberapa sebab itu.

Miris dan sungguh menyedihkan melihat ini semua, tapi apa daya mode dan technology telah merubah dunia, mereka yang dulu merupakan pioner sebut saja GIANT,CARREFOUR,HYPERMART hingga RAMAYANA secara perlahan digantikan oleh peran sang unicorn TOKOPEDIA,LAZADA,BUKALAPAK, GOJEK dkk. ya itulah realita nya saat ini.

Kamu mau belanja baju, gadget technology hingga kebutuhan pokok sekarang kemana ?? apakah masih ke supermarket minimarket atau ke ecommerce online shop ?? sekarang sudah tersedia semua disana, lebih murah tentunya efisien bebas antri bebas macet bebas parkir menjadi beberapa orang memilih menggunakan ecommerce untuk berbelanja berbagai kebutuhan,wow banget kan. walau begitu ada juga beberapa orang yang memilih berbelanja ke mall sambil jalan jalan gitu refreshing.

Nah khusus kamu yang menggeluti dunia per retail an jika dulu merasa adalah raja dengan banyak nya omset income kamu dan sekarang merasa terpuruk bahkan mati segan hidup tak mau, maka mau tidak mau suka tidak suka wajib juga untuk mengikuti trend technology saat ini atau akan hanyut dan musnah secara perlahan.kini saat nya bangkit dari keterpurukan .

Bagaimana cara nya bangkit dari keterpurukan ?? beberapa tips berikut ini semoga membantu mu ya gaes..
Ikuti trend berjalan saat ini, era ecommerce menjadi era keemasan saat ini menggeser era supermarket yang jaya dijaman 1990 - 2016 an.untuk itu kamu wajib mendaftarkan diri dan bergabung serta membuka lapak kamu ke berbagai ecommerce indonesia seperti tokopedia , lazada,shopee, dan sejenisnya. selanjutnya atur toko online mu dan atur harga produk produk mu hingga perhitungan ongkir.
Optional buat lah online shop dan website toko mu agar lebih terpercaya oleh pelanggan serta untuk mengetahui company profile cek spesifikasi produk dan lain lain hingga melakukan order secara online langsung.
Buat Sosial media mu jaman now adalah jaman sosmed dan netizen begitu merajai disini.
Buat budget iklan secara teratur ke beberapa ecommerce dan google serta sosial media seperti facebook,instagram,youtube,dll.
Setelah itu saring dan audit lebih banyak order omset via apa dari beberapa list diatas, dan selanjutnya fokuslah pada media marketing promosi diatas yang kamu gunakan.


Apa sih pentingnya list dan tips diatas tadi ?? ketika kamu sudah mempunyai toko offline maka masyarkat tentu akan tau dong kehadiran toko mu, dan penghasilan mu akan terukur dari hadirnya masyarakat disekitar mu, nah apalagi saat ini animo lagi turun,maka untuk membantu mendongkrak penjualan dan bangkit dari keterpurukan maka dengan beberapa list tips diatas akan membantu memperluas market pasar kamu dalam menjaring pelanggan dari online net dengan hadir di offline dan online niscaya kamu bercahaya 💃💃.


Apalagi yang terpenting selain itu semua ?? tentu saja sabar berusaha dan berdoa agar lebih baik dan menjadi jauh lebih baik lagi serta semangat 45 pantang menyerah karena kita terlahir sebagai petarung dalam dunia bisnis untuk selalu bertahan berevolusi hingga berkolaborasi untuk keperluan kemajuan dan pertahan bisnis.

Kita harus sadar diri dan mengukur kemampuan kita sebelum bertarung,maka agar dapat bertahan maka kita yang kecil ini jika tidak mampu menggeser mereka yang super besar maka kita ikuti serta masuklah ke dalam untuk menjadi bagian dari mereka agar bertahan dan lebih maju kedepan.

Semoga artikel mengenai Awan hitam dunia retail indonesia,bagaimana cara nya bangkit dari keterpurukan bermanfaat ya gaes..

oh iya jika butuh mesin kasir system kita juga sediakan, aplikasi kasir pos plus online shop terintegrasi juga ada, mau buat website di kita juga bisa, atau jika kamu yang masih lagi berbenah usaha nih.. jangan sedih dulu deh.. kita ada software kasir gratis support barcode dan lengkap kok buat kamu free download deh. Donwload software kasir gratis >>.

untuk kebutuhan point of sale back to homepage dan pilih mesin kasir mu.

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.