Cara setting VPS Installasi lengkap server - mysql - phpmyadmin

Cara setting VPS Installasi lengkap server - mysql - phpmyadmin

 Heloo gaess... kita jumpa lagi man teman...

kali ini kita akan ngebahas nih mengenai gimana sih setting VPS hosting. dan tentunya super ribet apalagi untuk kita pemula yess... dan sebelum ngelakuin setting ini kalian wajib lah punya VPS dulu tentunya ama domain nya juga yes.. kamu bisa order ke provider hosting dan domain sih, kalau bisa cari yang indonesia punya karena cinta ploduk ploduk indo dan dukung mereka untuk terus maju serta berkarya membangun nusa dan bangsa yes..

Nah order dulu deh domain sesuai kebutuhan mu, lanjut order vps juga sesuaikan dengan kebutuhan mu disini, kalau cari murah pastikan vendor penyedia adalah yang terpercaya, dan biasanya kalau promo murah murah sih... lanjut gasss.......

Baiklah setelah punya VPS Host atau biasa disebut dengan Virtual Private Server dan domain maka kamu bisa akses account panel nya ya,, nah disini kita mulai dulu deh setting nya... berikut ini :

  • Buat server : nah setelah order langkah awal kamu musti deh buat server untuk deploy website dan applikasi kamu kan ya.. oleh karna itu sih kita perlu nya bikin server, keren gak tuh.. si entong bisa bikin server dan konfigurasi sendiri nih πŸ˜†πŸ˜†.
  • Langkah ke dua baru deh kita perlu akses perantara untuk akses server dengan PuTTY - berasa hacker dong dengan makai ini πŸ₯³.
  • Langkah ke tiga setting firewall untuk kemudahan akses nya.
  • Langkah ke empat Install Nginx web server  , Mysql server, PHP , composer dkk , agar bisa go online 😎
  • Langkah ke lima tes buat database mysql di server mu supaya kita bisa leluasa deploy dinamis cms maupun untuk aplikasi mu.
  • Langkah ke enam install php my admin agar kamu bisa gunain senormal normal nya πŸ₯³.

Cara setting VPS Installasi lengkap server - mysql - phpmyadmin. wait ngab... penjelasan nya mana nih ngabb,.... awokwokwok...... nunggu penjelasan nya juga kah ini...?? iya lah ngab kalau gitu doang mana bisa kita installasi dan konfigruasi nya ngab.. jelasin ngab sejelas jelasnya padat dan merayap ngab... oh my gosss..... baiklah para netizen budiman ... ikuti langkah berikut ini yesss....

masuk account panel pada provider atau vendor penyedia domain ama vps kamu, terus klik dan create new server yess... tunggu proses nya sampai server sudah berhasil dibuat, proses ini otomatis ya... nah setelah server kini saat nya kita download PuTTY masuk sini  β†’, dan install ya....  kalau uda open deh PuTTY kamu, dan masukin IP addres public vps mu, ip address ini bisa kamu cek dan intipin deh panel account host kamu, kalau bingung bisa nanya aja ama customer service nya ya.. kalau uda dapetin ip address masukin deh ip addres kamu ke kolom hostname .port nya masukin 22 by default dan pilih ssh akses ya.. cek gambar foto dibawah ini deh kalau bingung.

Cara setting VPS Installasi lengkap server - mysql - phpmyadmin

jangan lupa klik open supaya koneksi dengan server kamu ya.. lanjutin deh konfigurasi nya nantinya di minta deh username ama password untuk login ke server mu, nah masukin user dan password yang uda kamu buat di vendor penyedia hosting vps mu ya. lalu enter aja deh.. nanti akan otomatis login kok.. kalau bener user dan password kalau salah maka anda belum beruntung dan silahkan coba lagi 🀣🀣. intinya benerin lah gaesss.. sampek sukses login nya ya...
kalau uda sukses saat nya nih kamu akses sebagai admin ya.. caranya jalanin sudo su nah kalau uda kita butuh nih konfigurasi dan setting firewall nya dulu, biar cepet kamu jalainin kode dibawah ni satu per satu yess...
ufw app list
ufw allow open
ufw enable
kalau ada pertanyaan klik Y semua aja yess biar aman nyaman deh....

Kalau uda lanjut kita install nginx dulu my man... caranya masukan aja deh code dibawah ini satu per satu yess... sudo apt update - ini untuk cek update status kamu πŸ˜†πŸ˜†
sudo apt install nginx - untuk installasi nginx kamu pastinya - misal ada pilihan kamu ketikan Y dan enter aja deh .
sudo ufw allow NginxHttp
dan trakhir kita cek dong apa semua proses ini uda berjalan lancar apa belum, kamu bisa jalanin sudo ufw status - nah nantinya akan muncul deh semua status nginx kamu disini.dan untuk ngepastiin bahwasanya vps kamu sudah siap di deploy maka kamu bisa deh akses public ip kamu di web browser, masukin aja alamat ip public kamu di chrome / mozilla dll, kalau uda muncul nginx bla bla berarti kamu udah sukses my man.. congratsss...... tampilan nya seperti dibawah ini.

Cara setting VPS Installasi lengkap server - mysql - phpmyadmin

Baiklah fergsuo saatnya kini kita install mysql server agar kamu bisa buat database mysql mu ye kan.. caranya... masukan kode berikut ini suda apt install mysql-server
sudo mysql_secure_installation ubah dan buat password mu disini dan kalau bisa supaya lebih aman semua nya kamu pilih Y alias yes aja ya..
nah seperti akses pada php myadmin by default kan password dan user root ya, kalian bisa ganti deh dengan cara berikut ini untuk mengganti username dan password nya. sudo mysql
select user authentication_string plugin host from mysql.user
alter user 'root'@'localhost' identified with mysql_native_password by 'password' - ganti password dengan password kamu ya gengsss... atau password yang kamu mau masukin disitu deh.
Selanjutnya tester dong apa bener password mysql kamu uda masuk jalanin kode ini mysql -u root -p terus coba masukin password nya ya. nah kalo sukses nanti ada welcome to mysql kata sambutan kek gitu deh.. kalau uda selesai masukan kode berikut exit;untuk keluar dulu dan mulai installasi lain nya
Baiklah saat nya kita pasang PHP my man... caranya ikuti deh langkah ini : install php awal jalankan kode sudo apt install php-fpm php-mysql - nantinya ada pilihan pilih Y aja.
nah selamat semua sudah terinstall deh... uda belum nih.... wait ngab.. nah terus kalau aku mau akses phpmyadmin gimana nih untuk kebutuhan update database dan lain sebagai nya...??? oh iya ampek kelupaan nih.. baiklah ferguyso... nah supaya lebih lengkap kayaknya kita perlu install composer juga ya, secara kan web modern khusus nya php pasti butuh tuh,, baiklah berikut ini cara install composer di vps kamu masukan kode sudo apt install-curl php-cli php-mbstring git unzip - pilih Y kalau ada pilihan nya ya..
nah kalau uda kita jalanin kode berikut ini cd ~
curl -sS https://getcomposer.org/installer -o composer.setup.php
Nah lanjutin kita butuh HASH composer nya kamu bisa copas aja deh klik link disini dulu ya β†’
cek pada gambar kamu perlu copy bagian ataas aja ya..

Cara setting VPS Installasi composer lengkap server - mysql - phpmyadmin

pada lingkaran merah itu yess... kamu copy dan jalankan perintah berikut ini

HASH=906a84df04cea2aa72f40b5f787e49f22d4c2f19492ac310e8cba5b96ac8b64115ac402c8cd292b8a03482574915d1a8

Proses selanjutnya


php -r "if (hash_file('SHA384', 'composer-setup.php') === '$HASH') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"sudo php composer-setup.php --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer
sudo php composer-setup.php --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer

dan terkahir tes apa composer sudah terinstall dengan baik jalankan composer maka jika nantinya akan muncul



   ______
  / ____/___  ____ ___  ____  ____  ________  _____
 / /   / __ \/ __ `__ \/ __ \/ __ \/ ___/ _ \/ ___/
/ /___/ /_/ / / / / / / /_/ / /_/ (__  )  __/ /
\____/\____/_/ /_/ /_/ .___/\____/____/\___/_/
 
Composer version 1.8.5 2019-04-09 17:46:47

maka selamat kamu sudah install dengan sukses composer kamu di vps.
dan lanjut lagi nih ke proses installasi PHP dong... yuk ah gass....
sudo apt-get update
sudo apt-get install php-mbstring php-xml

Terus ngab php my admin nya gimana ngab,,, males banget gitu ribet amat kalau mau suda sudo kalau mau oprek database mysql , gimana caranya nih kalau install php myadmin di vps ngab?? dan ya... untuk install nya juga bisa aja kok, agar mudah ya.. jalanin kode ini deh
sudo install phpmyadmin - ketik Y .


Cara setting VPS Installasi phpmyadmin

Pilih apache2 dan klik ok jangan lupa ya... terus masukin password kalian ya...

Cara setting VPS Installasi phpmyadmin

Dan akhirnya.. tralala trilili.... php myadmin sudah bisa diakses gengs,, kamu bisa leluasa untuk oprek database kamu disini ya... wait ngab.. itu akses nya dimana ngab?? akses nya cukup masukan ip address kamu /phpmyadmin , nah setelah itu masukin user ama password nya selesai sudah kini VPS kamu bisa leluasa untuk update oprek databased dan lain lain nya.

Nah semoga artikel ini untuk Cara setting VPS Installasi lengkap server - mysql - phpmyadmin. ngebantu kamu yess... dan jangan lupa nih kalau butuh web app website dan aplikasi kasir pos kamu bisa hubungi kita yess.. cek webapp β†’ atau pilih mesin kasir modern β†’

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.