MESIN KASIR BLOG

Begini cara menggunakan versi PHP yang berbeda pada hosting

Menggunakan PHP versi yang berbeda pada satu hosting


Ada banyak faktor yang mewajibkan kita menggunakan berbagai macam PHP version, ada yang cocok dan ada yang tidak cocok khusus nya ditujukan pada developer old school.. yap ketika deploy atau membangun project menggunakan PHP versi lama misalnya sebut saja versi 5 maka tentu saja kadang tidak support pada versi terbaru, banyak yang mengeluh karena perusahaan hosting umumnya akan selalu update menggunakan versi PHP terbaru. hal ini akan membuat para developer old school kebingungan karena nya kan, nah untuk mengatasi hal itu maka mau tidak mau mereka harus order paket hosting yang support dan mendukung dengan versi lawas. keluar uang lagi dong.. beli hosting lagi dan pastinya beli domain dong... gak sayang tuh ?? ya mau gimana lagi supaya bisa di run kebutuhan nya soalnya. terkadang sedih mendengar curhatan para sahabat programer lawas yang umumnya mereka tidak sempat untuk menimba dan upgrade ilmu lagi karena kesibukan masing masing, jangan kan untuk belajar bahasa terbaru react , angular , untuk PHP saja mereka masih menggunakan versi lawas. mulai dah kita berpikir untuk solusi terbaik agar hosting yang mereka beli tidak terbuang percuma, dan umumnya mereka dapat project dengan harga murah itu lah yang mendorong kami developer hockey untuk membantu nya, dan pada akhirnya akan keluar jalan terbaik dalam mengatasi masalah ini. yap dengan menggunakan htaccess file pada hosting. bagaimana sih cara nya kata teman programer lama generasi old school bertanya... begini................. to be continue... :D

Begini cara menggunakan versi PHP yang berbeda pada hosting

Baiklah kita mulai dulu yes.. untuk awal kamu wajib masuk pada cpanel hosting kamu untuk melakukan berbagai konfigurasi jika kamu menggunakan langsung pada halaman utama domain kamu maka kamu bisa menggunakan htaccess file langsung pada public_html folder, jika menggunakan add atau sub domain maka tinggal masuk pada folder dimana mereka berada, lanjut yess.... oke kita perlu membuat dan konfigurasi .htaccess file kamu terlebih dahulu, untuk kebutuhan versi lawas misal nya maka kamu perlu melakukan konfigurasi seperti ini pada .htaccess file kamu.

<FilesMatch "\.(php4|php5|php3|php2|php|phtml)$"> SetHandler application/x-httpd-alt-php53___lsphp </FilesMatch>

Buat konfigurasi sesuai dengan kode diatas setelah itu simpan, dan jangan lupa kamu bisa membuat versi.php file untuk mematikan bahwa kamu sudah berhasil menggunakan versi PHP lawas pada hosting , caranya buat file baru dan namai dengan versi.php kemudian tinggal masukan kode berikut ini.

<?php phpinfo(); ?">

Dan untuk memastikan kamu bisa akses halaman web app kamu dengan dan tambahkan /versi.php dan nantinya akan muncul versi php yang telah dibuat. selamat deh kamu bisa menggunakan project kamu dalam berbagai kebutuhan baik untuk aplikasi maupun website, dengan solusi diatas gak perlu lagi deh membeli hosting yang baru yes.. tinggal gunakan cara diatas dan niscaya kamu bercahaya. Oke semoga membantu dan bermanfaat ya artikel Begini cara menggunakan versi PHP yang berbeda pada hosting ini.

Update info : karena ada beberapa yang tidak bisa dalam konfigurasi PHP ini maka kamu bisa masuk dan login ke cpanel hosting kamu, cek versi terendah yang ada pada hosting kamu, selanjutnya buatlah sub domain untuk kebutuhan menggunakan PHP versi lebih rendah misalnya, lalu tinggal masuk ke menu MultiPHP Manager, tandai pada sub domain yang ingin kamu ubah versi php nya ke old school dan pada PHP Version diatas klik aply, pastikan sebelum nya kamu sudah menandai sub domain kamu ya agar PHP versi kamu bisa dirubah ke versi 5.6 misal nya dan setelah klik aply maka secara otomatis PHP sesuai sub domain kamu tadi sudah menggunakan versi php lawas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Kasir News