Membuat Web Blog modern dengan phyton dan Nikola

pembuatan website blog dengan phyton nikola

Membuat Web Blog modern dengan phyton dan Nikola

Static site generator telah bangkit dari tidur panjang nya, setelah sekian lama di kalahkan dan tereduksi oleh hadirnya dynamic website dan blog, kini pasukan static site telah bangkit lagi... tepuk tangan dong.. :D.

Yap sadar atau tidak mau dan tidak mau kita harus mengetahui bahwa era wordpress , drupal, joomla kini sedikit tereduksi dengan hadirnya static site generator yang makin banyak bermunculan dibandingkan dengan dynamic web ini.walaupun posisi dunia cms dipegang oleh wordpress namun terobosan dari pasukan dynamic ini sedikit berkurang, hadirnya laravel sang php artisan dan code igniter turut membantu eksitensi dari pasukan dynamic, tapi di sebrang nan jauh disana gerombolan dari static site generator mulai menabuh genderang perang nya,,, wah,,, bakal ada baku hantam nihh....

Tetap saja sih, kalau nurut kita kebutuhan akan pembuatan website sesuai kebutuhan kalau butuh dbase bisa makai dynamic site, kalau pengen cepet dan ringan ya static solusinya. bisa juga koneksi dengan mongo DB untuk kebutuhan database.

Yap... kali ini kita bahas mengenai membuat website dan blog modern menggunakan technology era saat ini static site generator, sudah kita ketahui banyak nya pasukan ini bermunculan dimulai dari generasi jekyll yang popular dan beriringan hugo dan hexo mereka sempat merajai dunia persilatan loh,, dan pada akhirnya javascript hadir dengan pasukan terbaik nya mulai dari gatsby js, next js, vue , angular, react dan banyak lagi... mereka adalah deretan popular static site generator saat ini, tapi nya nih... ada yang luar biasah lagiii,,,, apa ituuu... hadirnya phyton language yang ikut aktif ke static site, dengan pelician dan nikola mereka menjadi klan phyton untuk divisi statis nya. secara umum kinerja nya hampir sama aja, cuman beda bahasa pemrograman dan struktur aja sih, terpopuler adalah pelician , kamu bisa coba dan download pelician disini → , dan jangan lupa juga blogspot by blogger juga menggunakan phyton language loh, dan Nikola ini yang sangat menarik, karena penasaran tester dong kita cek bagaimana sih Membuat Web Blog modern dengan phyton dan Nikola akhirnya test drive lah... yuk monggo di download dan jalankan nikola disitus resminya click sini →.

Overview Nikola Phyton sungguh sangat mudah dan simple banget ya berasa sama lah sama static generator lain nya, seperti jekyll , hugo gitu... untuk awal beda nya kamu butuh installasi phyton dahulu. download Phyton disini → , dan jangan lupa pada terminal pc kamu wajib terinstall npm atau git bash untuk menjalankan nya. nah setelah download phyton kini saat nya kamu beraksi menjadi satria baja hitam. WTF ngapain coba jadi kamerider... oke lanjutt.... setelah installasi phyton kini kamu jalankan npm kamu via terminal ya..

install nikola phyton jalankan command berikut ini py -m venv nikola
Open folder dengan mengetikan perintah di npm command prompt
cd nikola
Mengaktivkan dan install beberapa konfigurasi files
Scripts\activate
Scripts\python -m pip install -U pip setuptools wheel
Scripts\python -m pip install -U "Nikola[extras]"

dan setelah itu kamu sudah sukses melakukan installsi nikola phyton pada terminal desktop pc kamu, dan hasil akhir dari keseluruhan seperti ini ya.

pembuatan website blog dengan phyton nikola

Setelah proses installai nikola phyton kini saat nya test drive dengan membuat website atau blog dengan phyton nikola, cara nya masuk ke NPM dan run kode berikut ini. nikola init --demo blogku
Setelah itu masukan konfigurasi untuk website dan blog kamu misalnya title, decription dan lain lain, penampakan nya seperti ini ya gaess...
pembuatan website blog dengan phyton nikola
Selesai sudah folder web kamu dibuat saat nya kita memasuki folder itu dan kita periksa apa saja didalam nya.. masuk ke npm kamu tadi cukup ketikan cd blogku secara otomatis kamu akan membuak folder blogku. penasaran kan bagaimana tampilan nya sih. phyton nikola ini ?? kamu wajib build dulu yes.. agar di extract ke html file dan memudahkan untuk upload ke host web mu. caranya cukup ketikan nikola build , dan tampilan nya seperti ini ya...
pembuatan website blog dengan phyton nikola
nah setelah proses build kini kamu bisa cek deh tampilan web kamu dengan mengetikan ke npm lagi nikola serve --browser dan.... web blog phyton nikola kamu bisa kamu cek deh di localhost kamu, saat nya kita buat buat artikel neh,, untuk ngisi web blog kita ye kan.... cara awal masih di NPm dan masukan code berikut ini nikola new_post -e dan isiin deh title dll nya, untuk memasukan teks artikel kamu perlu masuk ke folder blogku tadi dan cari folder post, dan edit via text editor bisa vs code atau notepad++ lanjut deh edit dan ketikan artikel kamu disitu. Penampakan
pembuatan website blog dengan phyton nikola
Jangan lupa setelah mengisi post artikel simpan dan selanjutnya jalankan build untuk merangkum ke html file, caranya cukup masukan dan jalankan kode ke npm nikola build , dan untuk cek jalankan comand lagi nikola serve --browser.
Tips supaya gak capek capek untuk serve serve mulu kamu bisa jalankan perintah berikut ini yang secara otomatis akan menampilkan setiap perubahan pada display kamu dengan menjalankan perintah berikut ini nikola auto --browser

pembuatan website blog dengan phyton nikola

Kesimpulan : tidak dianjurkan untuk mereka pengguna awal, sangat disarankan untuk developer untuk menjalankan dan menbuat website maupun blog via phyton nikola ini, sedikit ribet kalau dibilang karna musti bolak balik ke npm juga,cuma demi sensasi blog dan webiste menggunakan phyton why not ye kan... makin wow gitu loh kalo orang liat web build dengan phyton nikola katanya :D. dan juga masalah SEO masih belum kita cek karna nyoba nya masih localhost, rencana mau upload ke github aja untuk tes seo nya sih. overall buat bloging recomended aja,, ribet diawal tapi enak belakangan lah... atau mau nyoba blog buatan kita monggo cekidot disini → develope modern menggunakan node express js dan mongodb.

Oke deh sekian dulu deh artikel mengenai Membuat Web Blog modern dengan phyton dan Nikola , misal butuh pembuatan website dan web app atau mesin kasir jangan lupa kita sediakan juga ya gengss,,, just call us dibawah ada contactnya.

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.