INSTALASI PRINTER KASIR DAN PRINTER BARCODE

Instalasi Printer kasir pada Komputer Baru

1. Tekan START menu, pilih menu Setting dan kemudian pilih Printers and Faxes
2. Pada bagian Printer Task di sebelah kiri bagian atas, pilih Add a Printer.
Kemudian Tekan Next.

Karena anda melakukan instalasi printer kasir di komputer lokal komputer ,pilihlah Local Printer. Matikan tanda centang pada Automatically detect.
Berikutnya pilih koneksi atau jenis kabel yang menghubungkan antara printer kasir dan komputer anda. Biasanya printer kasir ( Epson TM-220) menggunakan koneksi LPT1 (paralel). Beberapa koneksi lain dapat menggunakan COM1 atau serial, maupun USB Virtual Port.

Jika printer anda menggunakan koneksi USB, anda harus memilih USB virtual Port. Harap diperhatikan, dalam sebuah komputer bisa mempunyai banyak USB. Menancap atau memindah kabel USB printer dari satu port ke port lainnya di komputer, maka anda harus mengubah setting Port di printer setting juga karena port printer kasir yang sudah anda instalasi pada port sebelumnya jika dipindahkan maka computer tidak akan mengenali printer kasir anda,maka pastikan terlebih dahulu port USB khusus printer kasir anda.

lebih baik anda menggunakan driver printer Epson LX-300+. Printer kasir yang bagus compatible dengan POS atau ESC command dari printer LX.

Kemudian berikan nama untuk printer anda. Misalnya : PRINTER KASIR

Selanjutnya terdapat konfirmasi apakah anda akan melakukan print test page. Tekan Yes untuk mencoba kemudian pilih tombol Next.

Dan jika test print berhasil dilakukan maka printer kasir sudah siap untuk anda gunakan, kini giliran anda mencoba melakukan koneksi antara printer kasir dengan software program aplikasi system kasir,jika pada software kasir tidak dapat melakukan print maka anda perlu melakukan konfigurasi setting pada program kasir dan pilih printer kasir anda tersebut.

PRINTER KASIR printer yang sedang aktif biasanya terdapat gambar as default atau menyala icon printer. Apabila di komputer anda terdapat printer lain, pastikan bahwa printer kasir adalah yang aktif. dan anda dapat membuat set as default dengan klik kanan pada printer kasir tersebut dan set as default.

Untuk mencoba apakah printer dan koneksi ke cash drawer berfungsi, silakan hubungkan kabel RJ-11 cash drawer ke printer, kemudian jalankan software testprint.exe

Untuk instalasi driver printer kasir mini sangatlah mudah, Berikut adalah langkah-langkah instalasi driver printer kasir mini :
Pada tampilan awal ini klik Next untuk melanjutkan instalasi. Setelah anda mengklik Next

Pada tampilan ini pilih I accept the agreement dan klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Pada tampilan ini proses instalasi akan di lakukan, pilih Install untuk melanjutkan, selanjutnya tampilannya sebagai berikut :

Pada halaman ini anda harus memilih Operating Sistem yang sesuai dengan komputer anda, jika anda menggunakan Windows 10 maka pilih Windows 10 atau windows8. Tetapi jika anda memakai window 7 maka pilih Windows 7 (pilih sesuai dengan OS yang anda pakai). klik Next.

Driver printer telah terinstal di PC anda, jika anda ingin mengganti nama driver printer ketikkan pada kolom nama. Tetapi jika tidak ingin merubah langsung di klik Finish. Setelah anda klik finish maka instalasi sudah selesai. Untuk melihat hasil instalasi anda masuk ke control panel → Device & Printer.
Penting : Untuk configurasi Port yang di pakai printer harus di setting terlebih dahulu, karena pada default instalasi port yang di pakai adalah LPT1 padahal printer memakai interface USB. Untuk itu berikut langkah-langkahnya :
Tancapkan USB dari printer ke CPU (pilih USB belakang CPU sebelah kabel LAN) setelah itu pastikan printer anda nyalah. Klik kanan pada Driver printer yang telah di instal, pilih Printer Propertise –>Port –> pilih Port USB001 –> Pilih OK

KHUSUS UNTUK PRINTER BARCODE

Instalasi Bartender

Seagul bartender 7.0 adalah software yang di gunakan untuk mendesign barcode label yang akan di cetak pada printer barcode. Softaware ini secara umum mendukung semua printer barcode seperti TSC, POSTEC, SATO, FARGo dan sebagainya.
Untuk melakukan installasi extract file yang telah anda download terlebih dahulu, masuk ke dalam folder bartender 7.0 dan klik 2x file Setup.exe untuk menjalankan instalasi.

Setelah anda menjalankan file Setup.exe maka instalasi akan berjalan

Klik tombol Next untuk melanjutkan instalasi.


Pada tampilan ini merupakan License agreement (syarat dan ketentuan penggunaan software) yang harus anda setujui bila ingin menggunakan. Pilih I accept the terms in the license agreement jika anda menyetujui dan klik tombol Next.

isi User Name sesuai keinginan anda (User name akan terisi secara otomatis sesuai dengan nama komputer anda), Untuk Organization juga sama diisi sesuai dengan keinginan anda atau di biarkan secara defaultnya. Klik Anyone who uses this computer (all user) untuk memberikan hak kepada semua user menggunakan software ini. Klik tombol Next untuk melanjutkan. Tampilan selanjutnya adalah sebagai berikut :
Pilih Typical untuk memilih mode instalasi, dan klik tombol Next untuk melanjutkan instalasi. Tampilan selanjutnya sebagai beikut :

Tunggu sampai proses instalasi selesai, usahakan dalam proses ini jangan menjalankan program yang lain pada komputer anda untuk mempercepat dan memperlancar perses insatalasi. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini maka proses instalasi berhasil di komputer anda.
Beri tandah Centang pada Run Bartender untuk  bartender siap di jalankan.

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.