Blazor peforma mu gak bahaya ta??

Apa iya bener bener slow peforma blazor web assembly untuk pengembangan website web dev - cari tau disini.

Apa iya bener bener slow peforma blazor web assembly untuk pengembangan website web dev - cari tau disini.

Dan yes… pada akhirnya kesampaian juga ngebuat post ini , ya apalagi kalau bukan sekilat inpo…… dari pengalaman pribadi kita aje yess…. dan pada kali ini kita akan ngebahas teknologi besutan micsrosoft dalam membangun situs, dan banyak juga web developer yang menggunakan nya, sapa lagi kalau bukan blazor.

Seakan gak mau kalah ama yang lain nya yes.. microsoft sendiri turut meramaikan dunia web development dengan mengeluarkan andalan mereka yang dipercaya modern dan tentunya mengikuti era trend teknologi dengan single page application dan mampunya untuk dipergunakan dengan PWA konsep ya sempurna banget lah kalau kita rasa yes… jadi benar benar buat rame juga nih , selain ada react beserta gerombolan nya yang top plus angular dan svelte, bingung bingung dah lu wahai para developer.. awokwokok…….

Perlahan mulai deh belajar tuh , gimana sih teknologi ini digunain dan bagaimana pula peforma nya juga, tentunya selain hobi untuk utak atik tekno web development kita juga banyak mempelajari prilaku nya juga, ya apalagi kalau bukan untuk riset dan analisa khusus nya kebutuhan… yo know lah…. SEO

Jadi mereka ini sendiri ada dua versi ya. versi pertama SERVER-CLIENT concept, yang kedua versi WEB ASSEMBLY.

Nah apa beda nya tuh bang ??

  1. Versi server arttinya kamu ngebutuhin server hosting tentunya berbasis win ya pada hositng kamu , kebutuhan server ini buat ngejalanin dan run web app kamu sendiri. jadi untuk cost bisa dibilang mayan ngerogoh kocek kamu untuk versi ini, 2 Versi Web Assembly adalah skema yang seperti kita build production dulu untuk kemudian kita ke push ke modern static host, jadi versi ini bisa kita deploy ke firebase, vercel, netlify , cloudflare dan lain sebagainya asalkan modern static hosting. versi ini sendiri lebih murah makanya banyak yang make juga. sesuain kantong lah.. wkwkwk…

Lanjut… dan pada akhirnya kita ngebangun tuh beberapa project berbasis blazor ini baik pakai server maupun wasm versi.

Awal develop nya takjub juga sih.. hampir sama konsep nya ama react , angular , svelte dan lain , mengadopsi skema single page application dan dapat juga kita gunakan progresive web application untuk deploy nya.

Kita juga ada source code di github repo kita kamu bisa download gratis juga untuk belajar dan kamu kembangin, misalnya pengen ngebuat website dengan blazor , monggoo…..

Blazor Server Rendering

blazor website template themes

Ini adalah versi server , jadi untuk menjalankan nya atau kalau kamu pengen online kan website kamu, maka kamu perlu untuk menyewa hosting berbasis windows dalam bekerja ya.. tapi ini bisa kamu gunain kalau kamu pengen belajar server version pada localhost aja kok. tinggal klik download source code dan pelajari dokumentasi nya doang.

Versi Server Rendering Download source code nya →

Blazor Webassembly

blazor website template themes

Modern era dengan pengembangan versi terbaru berbasis wasm atawa webassembly, ini adalah perkembangan dari versi server lawas kita sebelum nya , cek diatas yess.. nah disini kita kembangin lebih cakepan lagi deh, jadi kamu bisa download dan menjalankan nya ke modern static cloud hosting ya . seperti cloudflare, netlify ,vercel sampai firebase . gimana cara penggunaanya ?? klik dan download link dibawah ini untuk mendapatkan source code gratis nya lengkap dokumentasinya.

Versi WebAssembly Download source code nya →

Blazor Landing Page WASM

blazor website template themes

Mau nya lain daripada yang laen dong… yapp.. pada akhirnya kita develope juga versi landing page nya, supaya bisa ngebantu kamu buat membangun website berbasis microsoft teknologi dengan landing page desain yang unik dan menarik. gimana cara penggunaan , klik aja deh link dibawah ini nanti kamu akan bisa unduh kode nya dan dokumentasinya juga.

Versi WebAssembly Landing Page Download source code nya →

Nah setelah deploy ke live server, bagaimana kah hasilnya ?? secara kan kek nya kalau kita lihat itu normal banget sih,, tapi dibalik itu semua ternyata oh ternyata…. ada yang janggal nih ?? apa itu ?? peforma nya….

Note : peforma ini di versi terbaru sesuai dengan update post ini per tanggal 26-06-2023 ya.. dan semoga mendapatkan perhatian yang lebih untuk team pengembang nya juga , agar dapat memperbaiki issues ini, untuk ngebantu dalam mendukung SEO nya.

makanya kita buat nih post Blazor peforma mu gak bahaya ta?? , bukan bermaksud menjelekan ya, tetapi emang ini lah keadaan nya bos kuh… dan beberapa developer juga merasakan nya loh…

Secara fungsional codding seperti biasanya kita selalu terapin injeksi script SEO , termasuk title, description dan meta tag sampai ke opengraph dan twittercard, so… masalah bukan disana, tetapi sekali lagi lebih ke peforma nya yes….

masih penasaran kah ?? untuk awal kita coba deh ke search console web developer ,daftarin dulu situs nya.

why blazor is bad peform webdevelopment

Oke.. kita daftarin dulu lah… semua blazor web kita, kebetulan ada 6 web berteknologi blazor yang uda kita deploy ke berbagai hosting juga kok. lalu apa………

blazor is bad for SEO

Tinggal test drive aja deh halaman situs kita disana…. dan tunggu beberapa menit yes… nanti kita diberitahu kok gimana gimana nya gitu…

error google check peforma

Weitss….. lah kok… loh kok… dan yes… ini adalah kenyataan nya bos kuh… semua site kita yang di bangun menggunakan blazor rata rata sama seperti ini, mungkin kelamaan kali yes.. atau gimana nya ya gak tau saya… jangan tanya saya… awakwakak….

Dan issues ini bukan cuma dari kecurigaan kita aja, setelah telusur dan menelusur kita juga ngedapatin kasus serta masalah yang sama pada peforma nya.

ada beberapa solusi untuk mengatasi solved issues ini kamu cek dilink ini. https://github.com/dotnet/aspnetcore/issues/29303

Kita uda coba terapin juga but… sekali lagi tidak membantu , dan skor juga tumbang gitu sih… padahal kita tes ke tech lain nya masih mampu ngedapatin skor bagus . I Don’t Know lah…

Beberapa masalah yang sama kita temukan serta sedikit kisi kisi jawaban nya… di mari https://github.com/dotnet/aspnetcore/issues/42284

Jadinya gimana nih… ini memang issues pada peforma untuk mobile nya yes.. jadi skornya jadi aduhai gitu… tidak menutup kemungkinan ke depan di versi terbaru team mereka akan memperbaiki itu semua, tanpa kita settup ini itu jadi tinggal pakai gitu sih kek framework dan library lain misalnya yess…

Bisa jadi karna penggunaan versi nya mempengaruhi yes… pada kasus kita ini makai webassembly version, entah jika menggunakan versi server nya, apakah masih sama aja apa beda ?? kalau kamu penasaran bisa deh kamu coba dan develope versi server nya , lalu kalau ada update hasilnya bisa juga komen dimari yes…

Sekali lagi ,post ini hanya sebuah coretan bukan untuk menjatuhkan ya.. tapi lebih ke curhatan secara fakta aja sih..

Secara fungsional karna kebutuhan untuk webapp web developer dan tentunya peforma juga menjadi perhatian khusus. semoga kedepan team blazor dev memperbaiki dan bahkan menyempurnakan nya.

BONUS :

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.