Web Modern Built time yang Horor banget !!

Kalau kamu mau dan pengen untuk migrasi ke modern website dari cms sebelumnya pikirkan dulu, baca disini untuk solusi mu .

Kalau kamu mau dan pengen untuk migrasi ke modern website dari cms sebelumnya pikirkan dulu, baca disini untuk solusi mu .

Dan ya kalau kita ngeliat di sisi frontend atau tampilan depan sebuah situs yang dibangun dengan modern teknologi seperti nya keren banget gitu ya..

Bisa cepet banget dan wow lincah lah kayaknya, pokok nya perfect deh kalau di liat.

Baik itu makai gatsby js, next js, eleventy , jekyll,astro js dan lain nya, tentu ini akan terdengar keren dan menarik banget , tentunya dengan teknologi terkini menjadi lebih sipp dah untuk dipakai, dan super stabil aman sama kecepatan nya yang superior maka tidak heran banyak mulai beralih menggunakan nya.

Tetapi tau kah kamu… ada sisi horor dibalik itu !!

Built time !! ini menjadi momok sangat menakutkan ketika project mu sudah memiliki banyak artikel dan post, ingat ini berlaku kalau web project mu punya banyak sekali artikel katakan lah diatas 100 post, kalau dibawah itu sih aman aman aja yes.. tapi kalau udah nyentuh diatas itu.. maka bersiaplah dengan yang namanya built time progress !!

Kenapa dan mengapa bisa begini kaka… tentunya ukuran file yang akan di bangun juga mempengaruhi nya, dan kita akan menunggu nya sampai proses built selesai itu menyiksa banget untuk perangkat dan pc mu, sudah sekian purnama dengan mencoba berbagai teknologi dan masalah nya sudah pasti di proses built nya ini. sangat sangat puyeng deh…

Pernah juga sih tes dengan satu post doang dan makai tags yang sudah saya siapkan berisi 100 tags , dan ini semua baik page dan link akan dibangun juga jadi inilah alasan mengapa semakin banyak file dan page semakin mempengaruhi juga ke built time proses nya, ada cara dan solusi kah ?? sejauh ini cuma optimasi file nya doang itu aja sih, kalau selebih nya bisa kalian brosing aja gimana cara optimasi proses membangun ini, tapi sekali lagi sangat jarang dan begitu sedikit ribet nya, awokwokwokwok…….

Jadi sangat beda banget ketika kamu makai cms ya seperti wordpress , joomla , drupal gitu misalnya, kan langsung dia mode production langsung soalnya jadi gak berat banget, sedangkan kalau makai era SSG statci site generator, setiap perubahan apapun akan di rebuilt ulang , ini yang tentunya akan membebani server kamu juga gaes..

Cara paling aman biasanya built mode nya kita upload tapi sekali lagi sama aja dua kali kerja dong, mesti dev dulu baru masuk ke prod mode dan upload prod version nya ke hosting.

Cara yang relatif digunakan para developer biasanya adalah dengan upload source code ke github repo dan di integrasi kan dengan modern host , lalu bisa juga di pakai cms disana seperti headless cms gitu, ini tentunya akan mudah saja, tetapi akan kesulitan banget pas kita mau rombak tampilan halaman nya misalnya, ini akan banyak menguji kesabaran kamu loh..

Sejauh ini eleventy menjadi yang tercepat untuk proses built time nya, kamu bisa cek perbandingan nya di blog eleventy yang di tulis oleh mas Zach Leatherman site peformance →

ini hanya sekedar curhatan mengenai built time aja yess.. jadi khusus nya untuk developer yang ngebangun modern website makai generasi terbaru ini , maka kita perlu pertimbangkan adalah pada proses ini, kalau untuk user atau pengguna nya sih aman sentosa karna mereka juga gak akan tau urusan dapur nya, awokwokwok…

Jadi perhatikan proses built time ini pun menjadi prioritas juga loh,, dan inget makin banyak file dan page kamu makin berat juga beban device perangkat kamu untuk re-built nya, walau pun toh pada jekyll maupun eleventy sudah include pada source code file di project langsung tetep aja gaes.. berat dan capek deh rasanya pc kita di gunain pada proses development.

Solusi untuk ngatasin ini gimana ??

  • ya balik lagi kompresi semua file kamu kaka… jadi lebih slim dan lebih cepat untuk dipakai, terus ada alternatif lain nya juga kamu bisa makai PHP cms markdown yang secara konsep sama dengan modern SSG ini, misalnya kamu bisa gunakan pico cms , dan kamu bisa ngebangun ke cloud shared hosting PHP kamu juga loh, entah itu cpanel atau plesk. apakah bisa powerfull nih makainya , kita uda develope juga untuk beberapa client kita, salah satu contoh ada di project source code website kita yang bisa kamu cek di link ini : md.granlimousine.com.
  • Gunakan integrasi dengan headles cms agar user pengguna gak ribet dengan proses built time nya. mereka gak akan kerasa kok kalau uda makai headless cms wkwkwkw..
  • Edit dan buat post langsung ke github repo , ini juga membantu kamu kalau cuma untuk post aja ya, dan gak ada kebutuhan untuk merombak kode nya/

Kesimpulan : Built time hanya berpengaruh pada tim developer aja loh ya , karna mereka yang bagian memasak di bagian belakang sedangkan user mah enak aja yes.. tinggal makai aja di cms tanpa capek dan pusing lagi mikirin lamanya proses built time ini sendiri. Jadi dengan kata lain tidak ada masalah di sisi pengguna user pada cms , seperti menggunakan cms umumnya saja.

Post ini hanya untuk mereka para developer yang membangun dan membuat web untuk klien bukan di tujukan langsung pada pengguna.

Text Notes Update

Aplikasi
Temukan aplikasi toko,aplikasi restoran,aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, aplikasi invoice , aplikasi akuntansi , aplikasi ekspedisi disini.

Bang Resto Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan sangat lengkap include website integrasi ,waitrers, kitchen ,kasir, admin, qr code menu digital , whatsapp online order dalam satu app.

Pembuatan Website Cepat dan SEO
Saatnya kini kembangkan website super cepat tanpa database dengan dukungan SEO di dalam nya.

Typography Hockey Computindo
Mesin Kasir , aplikasi kasir , aplikasi toko, aplikasi restoran, aplikasi bengkel, aplikasi sekolah, pembuatan website terbaru.

Lava Aplikasi Toko Grosir dan Eceran.
Kebutuhan untuk penjualan eceran grosir maka menggunakan aplikasi toko lavaapp adalah pilihan terbaik untuk toko minimarket bisnis usaha mu.

Mesin Kasir
Mesin Kasir terbaru untuk toko minimarket dan mesin kasir restoran cafe rumah makan.

Mesin Kasir Restoran
Restoran cafe rumah makan wajib menggunakan mesin kasir ini, lengkap aplikasi software program restoran waiters kitchen kasir admin all in one.

Mesin Kasir Toko
Sempurna dengan barcode system dan touchscreen metode untuk mesin kasir toko minimarket retail shop.

Pembuatan website modern terbaru
Buat web modern bersama kami dengan react, next, remix, gatsby , angular, svelte , blazor wasm untuk solusi terbarik pengembangan site mu.

Mr.RestoPos Aplikasi Restoran
Aplikasi restoran cafe rumah makan super lengkap dengan kemampuan waiters , kitchen display, kasir dan admin dalam satu app integrasi website resto cafe rumah makan.

Explore Notes

Product & Services

Dukungan produk dan layanan kami untuk membantu memajukan bisnis usaha mu.

mesin kasir online

Mesin Kasir

Pilihan mesin kasir terbaik dengan hardware pilihan.

modern website

Website

Pengembangan website modern technology.

aplikasi kasir toko restoran

Applikasi

Aplikasi kerja untuk menunjang bisnis usaha mu.